Wajib Belajar 12 Tahun

Salah satu Program dari pemerintahan Jokowi – JK adalah wajib

Wajib Belajar 12 Tahun

Salah satu Program dari pemerintahan Jokowi – JK adalah wajib belajar 12 tahun gratis, yang akan mulai berlaku sekitar Juni 2015. Itulah kabar yang disampaikan oleh Puan Maharani, selaku Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan.

Dengan adanya langkah Program Pemerintah Wajib Belajar 12 Tahun Gratis, Berlaku Juni 2015, pemerintahan Presiden Jokowi sepenuhnya siap dalam membiayai dan memberikan semua fasilitas sampai anak bangsa memiliki  pendidikan yang minimum sampai pada tingkat sekolah menengah atas (SMA).

Pencanangan program pemerintah wajar 12 tahun tersebut,  disampaikan oleh Puan Maharani pada hari Senin (12/1/2015) kemarin. Puan Maharani menyampaikan jika pelaksanaan program tersebut mempunyai 2 konsekuensi. Dalam sisi lain, semua anak bangsa akan wajib bersekolah sampai batas yang ditentukan oleh pemerintah. Sementara pada sisi lain, pemerintah diwajibkan untuk mengeluarkan semua  biaya dan wajib menyediakan semua fasilitas penunjang dalam rangka mewujdukan Wajib Belajar 12 tahun gratis.

“Pemerintah berharap jika semua anak bangsa Indonesia untuk berpendidikan, minimal yah sampai tingkat sekolah menengah atas,” kata Puan Maharani.

Program wajib belajar (Wajar) 12 tahun tersebut artinya akan mewujudkan salah satu dari beberapa janji kampanye Presiden Jokowi-JK waktu lalu terhadap rakyat. Seperti diketahui, jika sebelumnya Menteri Pendidikan, Anies Baswedan sudah mengatakan jika ada perbedaan mendasar diantara pendidikan menengah universal dengan salah satu dari program Kabinet Kerja Jokowi-JK.

Perbedaan tersebut hanya terletak pada keseriusan dari  pemerintah, yaitu salah satunya dengan adanya Kartu Indonesia Pintar (KIP) yang dapat menjamin semua hak dan kewajiban anak untuk tetap bersekolah sampai SMA.

“Jika pendidikan universal, maka pemerintah akan mendorong namun pilihan masyarakat, apakah mau sekolah atau tidak itu tugas pemerintah dalam rangka memberikan semua fasilitas misalnya saja Kartu Indonesia Pintar atau menyediakan beberapa  akses ke sekolah. Maka sudahmenjadi tugas anak, yaitu  melaksanakan Wajar  12 tahun tersebut” kata Anies Baswedan.

 
 

Comments